Cara Mengatur Keuangan Pribadi

cara-mengatur-keuangan-pribadi

Mengelola keuangan pribadi tentunya  amat penting bagi semua kalangan. Membuat pembukuan dapat dilakukan oleh semua orang, tak memandang status sosial ataupun gaji bulanan. Salah satu tujuannya adalah agar pengeluaran tak lebih besar daripada pemasukan. Jika sampai pengeluaran jumlahnya lebih besar, anda mungkin akan meminjam uang untuk menutupi kebutuhan dan akhirnya terlilit utang.

Berikut cara mengatur keuangan pribadi anda :

Mulailah menabung sejak dini

Biasakan untuk menabung karena akan berguna jika suatu saat anda mengalami masalah keuangan. Anda dapat menggunakan layanan Bank untuk men-debit otomatis sebagian gaji yang anda terima. Lebih baik bersusah susah dahulu nantinya anda yang memetik bahagianya nanti.

Jika masih mungkin untuk meminjam atau menyewa, maka hindari membeli. Jika anda ingin sebuah barang yang hanya akan digunakan sekali atau 2 kali saja, sebaiknya tak perlu membeli. Anda dapat menyewa atau meminjam karena akan jauh lebih murah. Ini merupakan salah satu hal penting dalam manajemen pengelolaan keuangan. Semakin banyak dana yang bisa anda hemat, maka akan semakin baik.

Jika berkeinginan mencicil barang, pilihlah angsuran yang DP besar. Dan akhirnya yang anda lihat jumlah total yang harus anda bayar. Misal anda memilih barang yang ber-DP kecil, lalu bunganya tinggi. Anda akan membayar hingga dua kali lipat harga barang tersebut. Oleh karena itu usahakan melunasi cicilan secepat mungkin.

Mencari asuransi

Anda takkan pernah tahu kapan anda akan membutuhkan uang dalam jumlah banyak. Oleh karenanya amat disarankan agar anda mencari dan milih asuransi yang bisa menjaga keuangan anda di masa krisis.

Gunakan kredit card

Banyak orang kurang suka memakai kredit card karena justru akan menyebabkan pemborosan. Pada dasarnya akan kembali lagi kepada pribadi anda sendiri.Orang yang telah terbiasa berhemat umumnya tidak akan mengalami masalah ketika memegang kartu kredit. Kartu kredit dibuat bukan untuk membuat anda boros, hanya saja banyak kalangan menyalah gunakannya. Bahkan jika anda tidak ingin kartu kredit, rasanya anda tetap harus memilikinya untuk menciptakan credit score.

Buat pembukuan rapi dan teratur

Buatlah pembukuan tentang jumlah pemasukan dan pengeluaran perbulan. Dengan cara ini anda akan tahu mana yang harus diutamakan dan mana yang harus dinomorduakan. Jika jumlah pengeluaran jauh lebih besar melebihi pemasukan, maka sudah saatnya anda mulai mengelola keuangan dengan lebih baik & bijak.

Tetapkan Tujuan Keuangan

Bagi beberapa orang, tidak ada yang lebih menarik dibandingkan menyisihkan sebagian uang untuk membeli rumah dengan tiga kamar tidur berpagar putih. Mimpi lain melanglang buana ke seluruh dunia.

Memang benar jika memiliki tujuan yang pasti akan membuat lebih mudah mengatur keuangan pribadi. Hal itu juga akan menjadi motivasi untuk mengumpulkan pendapatan.

Sisihkan sejumlah uang setiap hari

Berapapun jumlahnya, jika ditumpuk nantinya akan menjadi banyak. Contohnya setiap hari anda belanja dan menerima kembalian. Simpan saja uang kembalian itu kedalam celengan. Anda takkan merasa menyisihkan/menabung uang dengan cara seperti ini.

Buat Rencana Pengeluaran

Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, perumahan, dan transportasi. Adapula pembayaran utang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang-barang opsional seperti hiburan.

Anda sebaiknya membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing.

Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan

Ada sebuah saran menarik, bila anda ingin aman dalam mengatur keuangan anda, maka maknailah kebutuhan dan keinginan dengan cara yang bijak. Kebutuhan dan keinginan bukanlah dua hal yang sama. Anda harus benar-benar mengerti mengenai arti dari kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam satu bulan, yang wajib untuk dipenuhi. Sedangkan keinginan adalah suatu keinginan atau hasrat untuk membeli sesuatu yang diinginkan dan tidak wajib untuk dipenuhi.

Apabila anda memiliki suatu keinginan, alangkah baiknya anda menabung terlebih dahulu untuk membeli keinginan tersebut. Sebab apabila anda memaksakan untuk membeli, bisa-bisa uang bulanan anda tidak akan cukup untuk satu bulan.

Tahan Diri Terhadap Godaan Tawaran Penjualan

Toko memang diciptakan untuk menguras habis kantong pembeli. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen.

Tapi jika kita mengetahui trik mereka, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran-tawaran tersebut. Hal lebih mudah adalah segera mengatakan tidak atas semua tawaran tersebut.

Lacak Pengeluaran Pribadi

Melacak setiap pengeluaran selama dua minggu dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan biaya taksi.

Mencari Produk Serupa yang Menawarkan Harga Lebih Murah

Penetapan harga produk di sebuah toko ternyata bisa jauh lebih mahal dari harga awal produk tersebut. Jika ketika ingin membeli satu produk dan melihat harga yang lebih rendah tercantum di tempat lain, jangan ragu untuk pindah ke toko tersebut.

Lakukan Riset Online Sebelum Mengunjungi Toko

Situs review produk, dan gudang diskon online sering memberikan informasi tentang bagaimana dan di mana untuk menemukan penawaran terbaik.

Apalagi jika ada tawaran pengiriman gratis, bisa membuat pembelian online sebagai pilihan.

Cari Pendapatan Lebih dari Satu Sumber

Pada zaman sekarang apapun bisa terjadi. Kurangnya keamanan kerja di pasar saat ini membuat siapa pun bisa kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji.

Namun hal ini diperbaiki jika ada sumber penghasilan kedua. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Mulai Bisnis Sendiri

Seperti di Amerika, resesi mengilhami banyak orang untuk mengeksplorasi kewirausahaan, sebagai cara untuk mengambil kembali kendali kehidupan finansial mereka.

Bahkan usaha relatif kecil, seperti blog yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber keamanan finansial.

Negosiasikan Gaji Kembali

Banyak pekerja merasa beruntung memiliki pekerjaan dalam kondisi saat ini. Namun kadang meminta kenaikan gaji dapat menjadi langkah yang lebih cerdas.

Jika Anda baru saja berganti pekerjaan, menerima promosi, atau menyadari dibayar rendah dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain, mungkin sudah saatnya untuk duduk dengan atasan dan meminta kenaikan gaji.

Jangan Menghindar dari Utang

Utang memiliki reputasi buruk karena dinilai menyebabkan kebangkrutan. Namun mengambil kredit dengan pengelolaan yang tepat ternyata dapat berguna.

Kredit memungkinkan orang untuk membeli rumah maupun membiayai keperluan mendesak lainnya. Tapi tetap evaluasi keputusan tentang utang ini dengan mempertimbangkan dampaknya secara hati-hati.

Beramal dan Berdo’a

Nah yang terakhir ini juga nggak kalah pentingnya nih, dengan beramal pintu Rejeki kamu akan selalu terbuka. untuk hal ini pastinya kalian sudah paham kan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.